• MENGAPA PERLU ISO
9001:2008
• KENDALA-KENDALA PERUSAHAAN
Perusahaan sering dihadapkan pada
permasalahan yang berulang sehingga akhirnya menyebabkan tingginya biaya dan
ketidakpuasan pelanggan. Kalau digolongkan permasalahan itu diakibatkan
beberapa faktor , yaitu :
1. KARYAWAN
a. Keluar masuknya karyawan begitu
tinggi
b. Tidak jelasnya pembagian tugas
dan wewenang
c. Tingkat produktivitas karyawan
yang begitu rendah
2. MATERIAL DAN PRODUK JADI
a.Tingginya tingkat kerusakan pada
produk jadi (reject) dan tidak dipenuhinya spesifikasi pelanggan.
b.Tingginya produk yang rusak dalam
proses sehingga harus dikerjakan kembali (rework)
c.Bahan baku yang tidak memenuhi
standard
d.Sisa bahan produksi (scrap) yang
begitu tinggi
3. MESIN DAN PERALATAN
a.Kerusakan pada mesin dan peralatan
yang begitu sering
b.Tidak tersedianya sparepart
sewaktu mesin rusak sehingga terganggunya kegiatan produksi
c.Tidak adanya program perawatan
(maintenance) untuk mesin dan peralatan sehingga umur mesin menjadi semakin
singkat
4. METODE KERJA
• Tidak jelasnya urutan proses
kerja sehingga banyak proses yang tidak efektif
• Standard dan parameter yang
digunakan kurang tepat dan tidak memenuhi keinginan pelanggan
• Metode kerja yang diterapkan
kurang memadai untuk menunjang proses poduksi sehingga dihasilkan produk yang
tidak bermutu dan tidak tercapainya target produksi yang diinginkan.
5. MARKETING
• Tingginya tingkat komplain
dari pelanggan dan lamanya respon terhadap komplain tersebut.
• Waktu penyerahan dan
pengiriman barang yang tidak tepat waktu
• Kurang percayanya calon
pelanggan terhadap kualitas produk dan kualitas manajemen di perusahaan.
Dengan melihat kendala – kendala
tersebut banyak perusahaan mulai mencari alternatif apa yang perlu dilakukan
agar perusahaan dapat meningkatkan performancenya. Untuk ini salah satu
alternatifnya adalah dengan menerapkan ISO 9001:2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar